Menu

( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0
Selesai Belanja

Pressure Gauge Dari Segala Macam Merek

KategoriPressure Gauge
Di lihat677 kali
Harga Rp (Hubungi CS)

Detail Produk Pressure Gauge Dari Segala Macam Merek

Mungkin diantara kita ada yang mengetahui peralatan seperti gambar di atas. Peralatan apa itu? Peralatan ini sering saya jumpai saat saya dapat kerjaan untuk pengetesan valve dan juga sering dijumpai pada instalasi mekanikal. Peralatan tersebut kita sebut pressure gauge.
 Apa itu pressure gauge?
Pressure gauge adalah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan fluida (gas atau liquid) dalam tabung tertutup. Satuan dari alat ukur tekanan ini berupa psi (pound per square inch), psf (pound per square foot), mmHg (millimeter of mercury), inHg (inch of mercury), bar, atm (atmosphere), N/m^2 (pascal).
Sebelum melangkah ke pembahasan tentang pressure gauge, ada baiknya kita bahas tentang tekanan itu sendiri. Tekanan dibagi menjadi beberapa, antara lain :
  1. Absolute Pressure yaitu tekanan yang dihitung berdasarkan tekanan referensi 1 atm. Besaran tekanan absolute lebih dikenal dengan PSIA. (PSIA = PSIG + Patm).
  2. Gauge pressure yaitu tekanan positif terhadap tekanan referensi 1 atm, yang berarti tekanan ini lebih besar dari 1 atm. Besaran tekanan gauge lebih dikenal dengan PSIG. Dalam kondisi ini maka PSIG > 1 atm.
  3. Vaccum pressure yaitu tekanan negatif terhadap tekanan atmosfir atau bisa juga dikatakan tekanan vaccum ini berada dibawah tekanan atmosfir sehingga bernilai negatif. PSIA < 1 atm.
  4. Hydrostatic pressure yaitu tekanan yang terjadi di bawah air. Tekanan ini terjadi karena adanya berat air yang membuat cairan tersebut mengeluarkan tekanan. Tekanan sebuah cairan bergantung pada kedalaman cairan di dalam sebuah ruang dan gravitasi juga menentukan tekanan air tersebut.Hubungan ini dirumuskan sebagai berikut: “P = ρgh” dimana ρ adalah masa jenis cairan, g (10 m/s2) adalah gravitasi, dan h adalah kedalaman cairan.
  5. Differential pressure yaitu tekanan yang diukur terhadap tekanan lain. Besarannya PSID.
Untuk mengukur pressure / tekanan terdapat beberapa elemen pengukur, yaitu :
1. Bourdon Tube.
http://www.mediaproyek.com/
Bourdon tube adalah tabung dengan ujung tertutup yang apabila diberikan pressure, bentuknya akan meregang sesuai besarnya pressure yang diberikan, serta dapat kembali ke bentuk semula. Terdapat beberapa bentuk bourdon tube, yaitu:
  • Bourdon C : Bourdon tube dengan bentuk menyerupai huruf “C”.
  • Bourdon Spiral : Bourdon tube dengan bentuk spiral.
  • Bourdon Helix : Bourdon tube dengan bentuk helical.
2. Bellows
http://www.mediaproyek.com/
Bellows adalah elemen pengukur tekanan yang mampu ber-defleksi (mengembang). Bellows akurat untuk digunakan mengukur tekanan gage (Pgage) dengan range antara absolute zero sampai 350 kPa. Terdiri atas sebuah tubing metal yang bisa mengembang searah mengikuti panjangnya. Bellows dengan diameter yang lebar bisa membaca low pressure lebih baik daripada bourdon tube.
3. Diafragma
http://www.mediaproyek.com/
http://www.mediaproyek.com/
Diafragma adalah piringan fleksible (flexible disc) yang bisa berbentuk tipis (flat diaphragm) atau memiliki lipatan konsentris (corrugated diaphragm) seperti ditunjukkan pada gambar di atas.
4. Capsule Diafragma
http://www.mediaproyek.com/
Capsule tersusun atas dua buah diafragma yang dilas bersama-sama di sekitar lingkarannya. Sensitivitas capsule meningkat proporsional dengan diameternya, yang pada umumnya berdiameter secara konvensional bervariasi antara 25 sampai 150 mm.
Berbagai macam produk pressure gauge di lapangan, menggunakan salah satu dari keempat elemen tersebut diatas. Pressure gauge dipasang untuk mengukur tekanan di dalam pipa atau tangki. Jenis-jenis pressure gauge bisa berupa pressure gage mekanik atau digital.
Demikian sedikit postingan tentang pressure gauge.
Semoga bermanfaat dan terima kasih.
src:mediaproyek.com

Produk lain Pressure Gauge