Menu

( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0
Selesai Belanja

Nozzle dan fungsinya

KategoriNozzle
Di lihat1934 kali
Harga Rp (Hubungi CS)

Detail Produk Nozzle dan fungsinya

Nozzle dan fungsinya

Sobat Blogger untuk kali inisa ya akan membagikan tentang pengertian dari nozzle.karena sebagai salah satu komponen dalam sistem pembakaran, khususnya berbahan bakar solar. Nosel atau yang dikenal juga dengan nama injector memiliki peran yang penting pada hasil akhir pembakaran. Ibarat penyerang atau ujung tombak pada permainan sepakbola.

Berawal dari bahan bakar yang dipompa dari tangki melewati filter bahan bakar bersendimenter untuk memisahkan air dari solar, menuju filter kedua yang menyaring kotoran dalam bahan bakar sebelum masuk ke dalam Pompa Injeksi atau Injection Pump.

Kemudian dipompa dengan tekanan tinggi oleh Plunger / Rotor Head dengan dibantu oleh Delivery Valve untuk menjaga bahan bakar bertekanan tinggi dalam selang nosel tetap padat. Hingga akhirnya menujuj Nosel yang menyemprotkan bahan bakar dalam bentuk kabut halus sehingga mudah untuk dibakar oleh kompresi dalam ruang bakar mesin.

Bagaimana seandainya Nosel dalam keadaan rusak dan tidak bisa mengabutkan bahan bakar.akibatnya adalah pembakaran menjadi tidak sempurna atau mentah, yang berdampak pada menurunnya performa mesin, proses menghidupkan mesin menjadi lebih susah dari seharusnya dan asap pembakaran pada knalpot menjadi berwarna putih serta pedas/pedih di mata.

  1. Nosel untuk Pompa Injeksi In Direct Injection

Nosel untuk tipe ini sering kita jumpai berbentuk datar pada bagian ujung Noselnya, dengan hanya memiliki satu (1) lobang penyemprot.

Nozzle Injector

Segera lakukan penggantian saat sobat menemukan nosel dalam keadaan..:

-Tidak bisa mengabutkan bahan bakar dengan baik (ngencing/netes), apalagi jika pada bagian ujung nosel telah cekung.

– Jarum Nosel macet, hindari usaha untuk mengakalinya karena kemacetan pada jarum akan kambuh lagi tanpa menunggu waktu lama (sering terjadi pada Nosel Panther 2,3, Chevrolet LUV dan Trooper).


  1. Nosel untuk Pompa Injeksi tipe Direct Injection.

Rata-rata Nosel tipe ini berbentuk lancip pada bagian ujung Nosel dengan lobang penyemprot yang bervariasi, 4 lobang, 5 lobang hingga 6 lobang.


Nozzle Direct Injection

Kapan Nosel sebaiknya dilakukan penggantian?

– Nosel ngencing / menetes

– Terjadi penyumbatab / kebuntuan pada lobang penyemprot

– Terjadi kemacetan pada jarum Nosel

– Nosel retak / pecah (gompel) pada bagian ujung (biasa terjadi pada Fuso FM, Fighter, Hino Ranger dan sejenisnya)

Penyetelan Nosel

Secara garis besar, Nosel terbagi menjadi 2 cara dalam segi penyetelan

  1. Dengan menambahkan / mengurangi shim (washer adjuster) pada pegas penekan
  2. Dengan memutar baut setelan (sekrup pengatur) yang terdapat di belakang / pangkal Nosel


Diagnosa kerusakan pada Nosel

  1. Jika jarum Nosel macet, akan menimbulkan suara nglatak yang keras menyerupai suara metal. semakin digas suara yang ditimbulkan akan semakin keras.
  2. Jika Nosel ngencing / menetes akan menimbulkan asap putih yang pedas pada saat mesin masih dingin (pagi hari), terkadang proses hidup menjadi agak susah.
  3. Jika Nosel retak / pecah, akan mengakibatkan kepincangan pada suara mesin (mbrebet) yang disertai asap putih terus menerus.

Trik saya…

-Saya sering melakukan penggantian Nosel dengan nosel yang memiliki lobang penyemprot lebih banyak, conntoh Nosel Rhino saya ganti dengan Nosel Colt Diesel PS.

-Untuk penyetelan Nosel Fuso Built Up, lepaskan/buang terlebih dahulu ring penahan pada spindle. Karena ring ini membatasi tekanan nosel pada tekanan tertentu.

Mungkin saya cukupkan sampai disini dulu tentang Nosel, semoga ada manfaat yang bisa diambil dari artikel ini.

Produk lain Nozzle