Menu

( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0
Selesai Belanja

Peran Filter Udara Pada Alat Berat

KategoriFilter
Di lihat971 kali
Harga Rp (Hubungi CS)

Detail Produk Peran Filter Udara Pada Alat Berat

Peran Filter Udara Pada Alat Berat

Filter udara merupakan spare parts yang cukup penting dalam sebuah mesin, khususnya mesin diesel. Komponen ini berfungsi untuk menyaring kotoran, debu dan partikel lainnya yang terdapat dalam udara sebelum masuk ke dalam mesin. Seperti diketahui, mesin diesel membutuhkan banyak pasokan udara untuk proses pembakaran di ruang bakar.

Udara mengandung banyak partikel. Jika tidak dibersihkan dan langsung masuk ke ruang bakar akan mengakibatkan kerusakan yang serius pada komponen – komponen di dalam mesin seperti komponen turbocharger hingga piston.
Mesin diesel sangat bergantung pada pasokan udara yang cukup bersih. Hal ini disebebkan campuran udara dan bahan bakar langsung dicampur di ruang pembakaran tidak seperti pada mesin berbahan bakar bensin atau lainnya yang udara dan bahan bakar dicampur di komponen karburator. Oleh sebab itu dibutuhkan filter udara yang bersih untuk menunjang operasi kerja mesin secara optimal.
Lalu, apa yang terjadi jika filter udara pada mesin alat berat tak dibersihkan atau diganti? Tentu saja aliran udara ke mesin akan terhambat. Lapisan penyaring di filter udara akan tertutup kotoran dan menyebabkan performa mesin menurun. Tak hanya itu, jika filter rusak dan partikel tersebut masuk ke ruang pembakaran juga akan menyebabkan kerusakan. Permukaan valve pada cylinder head bisa retak hingga rusak. Beberapa komponen seperti steam valve mengalami keausan. Hingga partikel bisa menempel pada oli dan merusak lapisan pelumas. Hal ini tentu akan menimbulkan gesekan pada dinding cylinder liner. Gesekan ini akan membentuk goresan dan gerusan sepanjang piston ring dan dinding cylinder.
Filter udara pada mesin alat berat telah dirancang untuk menyaring kotoran atau debu dengan ukuran tertentu sehingga memang dibutuhkan pergantian secara periodic karena pori – pori atau saringan kerta filter akan tertumpuk kotoran sehingga tersumbat seiring dengan umur penggunaan filter tersebut.
Beberapa mekanik mungkin memilih filter udara non pabrikan yang tampak lebih awet karena menjamin waktu pergantian yang lebih lama. Sebetulnya ini lebih membahayakan kinerja mesin. karena jenis kertas atau saringan yang digunakan pada filter non original biasanya relative besar celah atau pori – porinya, Akibatnya partikel yang seharusnya disaring malah ikut terbawa masuk ke dalam mesin. oleh sebab itu selalu gunakan komponen filter udara original dari pabrikan.
Filter udara pada alat berat pada dasarnya terdiri dari 2 bagian yakni bagian dalam (inner) serta bagian luar (outer). Bagian dalam filter tidak boleh dibesihkan, sedangkan bagian luar dapat dibersihkan secata berkala. Beberapa produsen mempunyai patokan yang berbeda mengenai pergantian komponen ini. Namun, rata – rata produsen menetapkan waktu setiap 250 jam pemakaian kerja atau dengan maksimal 6kali pembersihan dan setelah itufilter udara wajib diganti.
Cepat atau lambatnya waktu pergantian komponen alat berat ternyata juga dipengaruhi lingkungan kerja. Lingkungan kerja alat berat sangat mempengaruhi cepat atau lambatnya pori – pori atau saringan pada filter tersumbat kotoran. Untuk unit alat berat yang beroperasi di lingkungan kerja daerah berdebu tentunya perlu lebih sering membersihkan filter udara. Untuk itulah diperlukan pengecekan berkala.
Dalam melakukan pembersihan filter udara pada mesin alat berat, sebaiknya ikuti langkah – langkah yang disarankan pabrikan di buku manual. Ada beberapa jenis filter yang harus dibersihkan cukup dengan dengan ditiupkan aliran udara melalui kompresor. Bila tak ada, Anda bisa memukulkan filter agar kotoran rontok. Sebaiknya hindari penggunaan air pada pembersihan filter udara.
Source :
http://distributorfilter.blogspot.co.id/2016/10/peran-filter-udara-pada-alat-berat.html

Produk lain Filter